Wednesday, July 16, 2014

USAHA FOTOCOPY DENGAN CANON IR5000 (Pengalaman Pribadi)

Bismillah...
Sedikit tulisan pengalaman pribadi saya selama membuka usaha fotocopy ini semoga bisa sedikit bermanfaat bagi sahabat yang mungkin sedang bergelut di dunia foto copy.
Saya memulai usaha fotocopy sekitar dua tahun yang lalu. Alhamdulillah, sekarang usaha ini menjadi usaha utama saya dalam mencari nafkah. Suka duka sudah pernah saya alami selama membuka usaha ini. Mulai dari awal pertama merintis usaha, lalu ketika sudah mulai berjalan mulai muncul problem entah itu komplain dari pelanggan, mesin yang sering error, cukup banyak pengalaman yang saya dapat dari usaha ini. Alhamdulillah semua dapat dilalui dan kini usaha saya sudah mulai menunjukkan perkembangan yang baik.
Awal mula memulai usaha saya sebenarnya hanya bermodal nekat. Alhamdulillah berkat pertolongan Allah, lewat seseorang yang sudah saya anggap seperti kakak saya sendiri, lewat beliau lah saya terus diberi motivasi juga dibantu secara materi maupun rohani.
Setelah saya fikir2 orang yang kurang bermodal seperti saya kalau tidak nekat kapan saya bisa maju. Akhirna saya nekat untuk membuka usaha foto copy dan rental komputer. Juga saya lengkapi dengan ATK ala kadarnya. Awal usaha saya memakai mesin canon NP 6050. Mesin yang sudah tidak asing lagi. Terkenal cukup tangguh dalam mengerjakan penggandaan dokumen. Dengan kecepatan 50 copy/menit mesin ini cukup cepat. Mesin ini masuk kategori tinggi untuk skala mesin fotocopi. Sangat tangguh untuk kelas mesin analog, walaupun cukup boros juga untuk pemakaian daya dibanding mesin generasi fotocopy sekarang.
Hampir satu tahun saya memakai NP 6050 ini alhamdulillah pelangganpun sudah mulai banyak. Dan saat inilah mesin NP ini mulai menampakkan trobel2 yang membuat pusing kepala saya. Mulai dari lampu exposure yang sering putus, pemanas sering eror, penarik kertas sering nyangkut, membuat banyak pelanggan yang mulai berdatangan akhirnya beralih ke tempat lain. Sebuah kerugian tentunya. Akhirnya dengan banyak masukan dan pertimbangan dari kakak maupun teman2 seprofesi, saya nekat membeli mesin generasi digital canon IR 5000. Dengan banyak pertimbangan diantaranya mesin ini terkenal bandel, jarang eror, lebih hemat daya, kinerja lebih cepat akhirnya putuskan menebus IR 5000 untuk menggantikan NP 6050 saya yang mulai batuk-batuk, hehe.

Alhamdulillah setelah mesin saya berganti digital pelanggan pun mulai berdatangan lagi. Banyak yang bilang fotocopy tempat saya hasilnya sangat memuaskan, bersih dan tajam. Namanya juga mesin baru mbak pikir saya dalam hati. Namun begitupun hebatnya IR 5000 ini bukan tanpa troubel eror, beberapa kali saya juga mengalami trobel2 yang cukup membuat pening. Apalagi trobel terjadi di saat pelanggan sedang mengantri, duh tambah drop rasanya. Namun dengan trobel itulah akhirnya saya sedikit banyak belajar sendiri untuk membenahi trobel2 ringan yang sering muncul pada mesin ini. Dengan bantuan teknisi tempat dulu membeli mesin, lewat teman, atau yang lebih mudah ya lewat internet saya mulai belajar membenahi mesin saya. Beberapa trobel yang pernah saya alami selama menggunakan Ir 5000 di antaranya :
  • Eror E001 &  E003
Eror ini paling sering terjadi di antara mesin fotocopi, hampir semua teman seprofesi pernah mengalami eror ini. Eror ini muncul karena ada trobel di blok pemanas mesin, suhu pemanas berlebihan. Pengalaman saya ketika eror ini muncul saya bongkar pemanas, saya buka thermistor (bentuknya bulat nempel di upper pemanas) jika masih bagus bersihkan thermistornya. Kerak yang menempel bersihkan dengan alkohol atau yang lainnya. namun hati-hati jangan sampai plastik yang menempel di termistor jangan sampai sobek. bersihkan dan pasang kembali. setelan pemanas jangan terlalu kencang. Alhamdulillah waktu itu error E003 mesin saya tidak muncul lagi.

  • Eror E005
Ini muncul karena sensor web pemanas mendeteksi web sudah hampir habis. jika web terlihat masih tebal di clear biasa aja lewat *28* selesai. nmun jika tidak bisa kemungkinan sensornya kotor / rusak. jika web nya habis segera ganti web yang baru, gak mahal kok. jika perlu tambahkan minyak silicon agar upper awet. namun jangan terlalu banyak karena bisa membekas pada hasil copian.

  • Eror E014
Waktu itu saya sedang memfotocopi dan kertas nyangkut di pemanas. setelah kertas diambil saya masukkan lagi unit 1 nya. lalu jalan lagi mesin, tiba-tiba muncul E014. walah, apalagi ini... telfon kawan katanya ada gear pemanas yang rompal, ntah gear yang mana. lalu saya amati gear2 di blok pemanas. semua baik-baik saja. lalu saya masukkan lagi unit satu dengan sngat presisi dan mapan. lalu saya clear di *28*  eror pun tidak muncul lagi. ternyata tadi saya waktu memasukkan unit 1 nya kurang mapan/presisi. sehingga muncul eror e014, namun seandainya anda pernah mengalami eror ini dan ada gear yang rompal ya secepatnya diganti. nanti malah eror terus.

  • eror E020
ini muncul karena sensor tinta pada developing mendeteksi tinta hampir habis. cek tinta di box toner/developing. isi tinta di box toner atau langsung lewat developingnya. jangan lupa setelah itu di clear eror lewat *28* ya. saya sendiri mengisi toner langsung lewat developing karena box toner saya macet tinta gak mau turun. blum sempet mbenerin.

  • eror E061 001
Pas pagi-pagi ngidupin mesin, pas sudah hampir ready tiba2 tut..tut..tut. di layar nampak eror E061 001. waduh, kenapa lagi ni pikirku. tak clear eror lewat *28* lalu restart, mesin mulai warming lalu pas hampir ready muncul lagi tu eror. gak mau pusing akhirnya telpon pak teknisi, ... "Assalamu'alaikum bos... bos mesin eror E061 01 ni... apanya ya??" tanyaku. 
"Walaikum salam.... oh, coba wayer / corona atas setelannya itu terlalu dekat dengan drum, coba agak dijauhkan" kata dia. "O... begitu ya,,, ya udah tak coba dulu ya bos... trimakasih ni" kataku. lalu saya buka cover pintu, copot box toner, lalu lepas corona atas. setelannya coba agak saya jauhkan, tidak terlalu dekat dengan drum. lalu saya bersihkan pake alkohol. lalu lalu saya pasang kembali coronanya. pasang kembali box toner lalu tutup. dan mesin saya hidupkan lagi, tak lupa di clear eror dulu,  E061 001 pun alhamdulillah gak muncul lagi. kelar ne ....

  • Eror E225
Waktu itu pas saya libur 2 hari karena ada acara keluarga. mesin pun 2 hari gak hidup. lalu pagi saya berangkat dan saya hidupkan mesin. pas screen mulai loading tiba2 alarm mesin berbunyi pertanda eror. wah, eror apa lagi ni pikirku. tak lihat di layar E225 000. mungkin di clear eror kelarni pikirku. lalu tak clear eror *28*. ternyata gak mau, eror masih muncul. saya ulangi lagi sampai beberapa kali pun hasilnya tetap sama. eror gak mau ilang. ujung2nya saya telfon lagi bos teknisi...
 "Bos.. mesin eror lagi ni... eror E225 000" kataku. 
"Wah, yang bener tu... coba dilihat lagi..." katanya
"iya bos,,, bener kok... E225 tuh,, tak clear eror gak mau... muncul terus ne" kataku lagi
"wah,,, agak berat ne bos... itu CCD nya kena bos" katanya.
"CCD??? yang sbelah mana bos..." kataku
"itu yang di atas di kaca scan... yang ada lensanya" katanya
"terus gimana ni....??"
"ya terpaksa ganti bos... lumayan mahal, tapi bisa kok tuker tambah bos.. biar cepat, kalo diservis lama bisa 1 bulanan bos" katanya
waduh pikirku. CCD nya mati ternyata.... harganya kalo beli bisa hampir 2 jutaan katanya... kalo tuker tambah ya mungkin separuhnya. akhirnya terpaksa dari pada gak bisa jalan saya tuker tambah tuh CCD. dan mesin pun kelar. tapi keluar duit lumayan banyak buat ganti CCD. yah.... gpp... pengalaman lagi....


  • Eror E602 002
ini terjadi karena hardisk tempat menyimpan sistem mati. jadi mesin tidak bisa booting alias gak ada nyawanya. solusinya ya terpaksa aku ganti hardisknya. lumayan habis sekitar 500 ribuan ama bayar teknisinya. hadohhh... duit lagi ....

  • Eror E824
Saya juga pernah mengalami eror semacam ini. selidik diselidik ternyata fan wire atas (pas buka front door kelihatan) tidak beres/tidak berputar alias mati. wah ganti fan nih pikirku. setelah aku buka lalu tak cabut socketnya. lalu coba tak pasang lagi dan coba tak hidupin. tak lupa di clear eror dulu. alhamdulillah mesin jalan eror pun tidak muncul dan fan mau berputar lagi. ternyata saya waktu memasang socketnya kurang trep alias mapan. namun jika ternyata mati ya cepat diganti saja yang baru.

Itu beberapa pengalaman saya selama menggunakan canon ir 5000 yang sampai saat ini masih saya gunakan untuk cari duit. Bebekal pengalaman itu kini sedikit banyak saya tau karakteristik mesin ini. Sehingga ketika trobel2 muncul tentunya sudah tidak terlalu cemas seperti saat pertama kali membuka usaha ini.
semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment