Friday, July 18, 2014

MENGOPERASIONALKAN MESIN FOTOCOPY

Pada teknik dasarnya mengoperasionalkan mesin fotocopy itu cukup mudah. Tidak terlalu sulit dalam pengoperasionalannya. Kalau hanya sekedar menggandakan saja belajar 5 menit juga sudah bisa. Namun itu hanya teknik dasar.
Mesin fotocopy menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan dalam mempermudah pekerjaan penggandaan dokumen, menjadi lebih rapih, cepat, dan tentunya efisiensi waktu bisa dimaksimalkan. Namun terkadang kita kurang memahami apa fungsi-fungsi yang tertanam di dalamnya, atau kita kurang telaten mencoba fungsi2 yang tertanam di dalam mesin foto copy kita. Sehingga kita kurang bisa maksimal dalam mengoperasionalkan mesin tersebut. Pekerjaan pun menjadi lambat dan antrian pelangganpun membludak.

Nah, disini saya akan memaparkan sedikit pengalaman selama menggunakan canon Ir 5000 dengan beberapa fungsi yang bisa kita optimalkan. Ir 5000 mempunyai banyak perintah yang bisa mempermudah pekerjaan penggandaan jika kita bisa paham akan fungsi perintah tersebut. Fungsi tersebut terletak di menu SPECIAL FEATURES pada layar mesin. Disitu terdapat banyak perintah. Namun saya juga tidak sepenuhnya faham akan perintah tersebut. hanya beberapa diantaranya :

  • Teknik Dasar
Teknik dasar foto copy mungkin sudah faham. Cukup meletakkan dokumen di atas kaca scaner, lalu pilih kertas / Paper Select pada layar, atur kepekatan hasil,  lalu tekan jumlah copian, tekan tombol start pada panel. selesai.

  • Foto copy dari ADF
Pada mesin foto copy yang dilengkapi dengan ADF (automatic document feeder) / penutup di atas kaca yang bisa dibuka di tutup memfotocopy bisa jauh lebih mudah dan cepat, tanpa harus lewat kaca scanner. caranya letakkan dokumen di atas paper tray ADF, jangan terlalu banyak dokumennya, lalu atur kertas, kepekatan toner, jumlah copian, lalu tekan tombol start. maka otomatis dokumen akan tertarik menuju scanner. 

  • Foto copy bolak-balik
Untuk foto copy dua muka / bolak balik caranya tidak telalu sulit. letakkan dokumen di atas kaca / ADF lalu pilih kertas, tekan menu Two sided mode pilih 2-2 sided, atur kepekatan hasil, jumlah copian, lalu tekan tombol start. jika dari ADF maka otomatis bolak balik sendiri, jika dari kaca maka kita balik manual, setelah tombol start di tekan maka scanner akan mengcopy halaman pertama, lalu kita balik halaman belakangnya dan kita tekan start lagi, maka akan menscan halaman sebaliknya. tekan Done pada layar, maka mesin akan mulai mencetak hasilnya.

  • Foto copy KTP 10 lembar sekaligus
Caranya pasang KTP pada pinggir kaca scan, jangan terlalu mepet, lalu pilih kertas A4, atur toner mode Text Photo, atur bolak-balik (two sided mode), tekan menu Image Repeat atur x : 2 dan y : 5, tekan tombol start, maka akan ada peringatan, tekan saja tombol start lagi maka mulai scan halaman pertama KTP, lalu balik horizontal dan geser KTP -+ 0,5 - 1 cm, lalu tekan start lagi maka halaman belakang KTP akan discan, setelah selesai tekan Done pada layar dan mesin mulai mencetak dan hasilnya 10 lembar KTP dalam 1 lembar kertas A4. tinggal dipotong2 dah jadi...

  • Foto copy diperkecil / diperbesar
Ketika kita akan memfoto copy dan master copian lebih besar dari kertas yang ada maka kita perlu memperkecil copian agar pas pada kertas yang ada. Caranya seperti teknik dasar biasa hanya ditambahkan menu Zoom, tekan menu Zoom lalu atur perbesarannya, jika diperkecil maka angkanya di bawah 100%, jika diperbesar angkanya di atas 100%.

  • Foto copy atas bawah
Caranya tekan special features pilih image combination, lalu tekan next saja, lalu pilih 2 on1 lalu next, lalu pilih kertas Folio/U2 lalu next, lalu pada zoom tekan direct, foto copy bagian bawah dulu letakkan masternya pada ujung kiri batas kaca , tekan start maka akan mengcopi bagian bawah dulu, lalu sekarang scan bagian atas tapi letakkan masternya hampir di tengah2 ukuran folio/F4, lalu tekan start lagi. lalu tekan done. selesai. jadi foto copi atas bawah.


No comments:

Post a Comment